Tips Merawat Mesin Mobil Matic yang Benar

Bagaimana cara merawat mobil matic yang benar? Kendaraan jenis ini memang sedikit berbeda dari mode transmisi manual. Kesannya yang lebih praktis menjadikannya disukai banyak orang di zaman sekarang. Namun, jenis kendaraan semacam ini tetap butuh perawatan rutin. Tujuannya jelas, yakni supaya kondisi mesin selalu awet dan bebas dari risiko kerusakan. Lalu, bagaimana cara perawatan mobil matic yang tepat?

Gantilah Oli dengan Rutin

Silahkan mengganti oli secara rutin. Ini adalah cara standar supaya mesin kendaraan Anda terjaga dengan baik. Disarankan mengganti oli setiap 50 ribu km. Namun, jangan biasakan menunggu sampai jarak segitu baru mengganti oli. Kalau Anda sering menggunakan mobil tersebut, lebih rutin mengganti oli akan lebih bagus.

Baca: Cara Mencuci Mesin Mobil

Menempatkan Tuas Transmisi dengan Tepat

Cara merawat mesin mobil matic selanjutnya adalah menempatkan tuas transmisi dengan tepat. Jadi, saat Anda menyetir mobil tersebut dan berhenti di depan lampu merah atau saat macet, selalu tempatkan tuas transmisi pada posisi netral. Jangan biasakan membiarkan tuas transmisi berada pada posisi D karena dapat menimbulkan gesekan pada kanvas kopling.

Selalu Memanaskan Mesin Kendaraan

Ini adalah tips yang selalu disarankan buat semua pengguna kendaraan bermotor. Meskipun kendaraan Anda menggunakan mesin matic, pastikan untuk selalu memanaskan mesin beberapa menit sebelum digunakan. Bahkan, semisal Anda tidak memakai kendaraan itu, tetap panaskan mesin supaya kondisinya tetap awet dan terjaga dengan baik.

Tidak Menginjak Gas Mendadak

Rawat mesin kendaraan Anda sebaik mungkin dengan tidak menggunakannya secara sembarangan. Salah satunya adalah kebiasaan menginjak gas secara mendadak. Kebiasaan ini dapat menimbulkan kerusakan pada mesin kendaraan dan sering tidak disadari banyak pengendara. Oleh karena itu, gunakan kendaraan dengan tepat dan tidak perlu berlebihan menggunakan gas dan rem.

Baca: Tips Kredit Mobilio

Pada dasarnya, tipe perawatan mesin mobil matic tidak jauh berbeda dari mesin transmisi manual. Namun, tiap jenis kendaraan pasti punya karakteristiknya sendiri. Maka dari itu, biasakan memakai kendaraan Anda secara tepat dan bertanggung jawab. Hindari cara-cara yang justru dapat menimbulkan ketidaknyamanan apalagi sampai risiko keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *